Kamis, 08 Maret 2012

tips memilih laptop atau notebook

Laptop or NotebookKetika anda ingin membeli Laptop atau Notebook, ada beberapa panduan yang bisa anda jadikan referensi dalam melakukan pemilihan terhadap merek, tipe dan spesifikasi dari Laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tips dan Trik memilih Laptop ini dikutip dari Forum Anugrahpratama.

Memilih notebook yang cocok bisa menjadi aktifitas yang menakutkan. Kita akan diperhadapkan dengan pilihan yang sangat luas, dan kita bisa salah menentukan pilihan jika tidak berhati-hati dalam memilih.
Berikut ini adalah panduan dasar yang akan menolong kita untuk mengambil keputusan penting ketika memilih notebook.

Hal yang paling utama
Paling utama, kita harus menentukan notebook tersebut akan kita gunakan untuk apa? Aplikasi atau program apa yang akan sering kita gunakan? Apakah akan sering kita bawa bepergian? Apakah Anda memiliki kebutuhan yang spesifik?

Panduan Umum
Anda memerlukan beberapa panduan dasar untuk memulai pencarian. Berapa nilai uang yang Anda anggarkan? Berapa ukuran layar yang Anda inginkan?

Panduan khusus
Spesifikasi notebook/laptop yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Haruskah saya menunggu yang lebih baik atau membeli sekarang juga?
Setelah Anda menjawab beberapa pertanyaan ini, pencarian Anda akan menjadi lebih mudah karena pilihannya menjadi lebih spesifik.

Aplikasi apa yang Anda akan gunakan?
Jika Anda memainkan games 3D atau menggunakan aplikasi 3D seperti CAD, Anda memerlukan notebook dengan VGA memory yang dedicated (non shared). Sebaliknya jika Anda tidak menggunakan aplikasi atau game 3D, maka pilihlah laptop dengan VGA memory yang terintegrasi (integrated VGA memory). Notebok dengan VGA memory terintegrasi lebih hemat battery dan lebih murah.

Apakah Anda akan sering membawanya?
Jika ya, berat dan ukuran menjadi faktor penentu untuk mengambil keputusan. Layar laptop memiliki ukuran bervariasi 15.4”, 14.1”, 13.3”, 12.1” hingga 8” dan sangat mempengaruhi beratnya. Semakin besar ukurang layar, laptop tersebut semakin berat. Laptop dengan layar 15.4” mempunyai berat sekitar 2.9 kg, 14.1” sekitar 2.3kg, 13.3” sekitar 2.1kg, 12.1” sekitar 1.9kg. Namun semakin kecil laptop, biasanya harganya akan semakin mahal pula.

Jika Anda akan sering menggunakan laptop dijalan, dimana Anda akan kesulitan mencari sumber listrik untuk mengisi baterry, pertimbangkan juga daya tahan battery.
Jika Anda tidak sering membawa notebook Anda bepergian, notebook dengan layar lebih besar bisa menjadi pilihan. Notebook dengan layar 17” biasanya dilengkapi dengan VGA yang canggih, layar resolusi tinggi dan berbagai fitur yang bagus.

Ada kebutuhan khusus?
Apakah ada kriteria atau kebutuhan yang khusus dalam Anda membeli notebook? Pastikan kebutuhan Anda terpenuhi sebelum menentukan pilihan. Apakah ada accessories atau alat tambahan yang akan Anda hubungkan ke notebook Anda? Cek apakah notebook pilihan Anda memiliki port input/output yang sesuai.

Berapa anggaran Anda?
Anggaran Anda akan menentukan beberapa hal. Sekalipun ada notebook yang ditawarkan dengan harga murah, pada intinya Anda akan mendapat sesuai dengan berapa Anda membayar. Banyak sekali penawaran laptop dari yang termurah dibawah 5 juta, hingga diatas 20 juta rupiah. Ada yang menawarkan lebih dengan harga murah dan ada juga yang sebaliknya.
Mebuat notebook dengan performa yang tinggi atau menggunakan material yang berkualitas tinggi perlu biaya yang mahal dan membuat harga notebook tersebut menjadi mahal. Laptop yang ditawarkan dengan harga murah, biasanya menggunakan komponen yang lebih rendah kualitasnya.

Apa tipe layar, ukuran dan resolusinya?
Menentukan layar yang tepat adalah penting. Ini adalah bagian notebook yang paling sering Anda gunakan. Pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

LCD layar lebar, 16:9, saat ini mendominasi pasar, bersama dengan model layar glossy. Layar yang glossy lebih kelihatan terang, jelas, tajam dan kontrasnya lebih baik. Tapi juga membuat mata lebih cepat lelah jika dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Memilih ukuran yang tepat juga penting. Layar berukuran kecil, lebih cocok untuk dibawa bepergian. Layar yang besar lebih sesuai untuk pengguna yang jarang bepergian.

Resolusi layar menentukan berapa banyak isi desktop. Resolusi tinggi memberikan ruang desktop yang lebih besar, dilain pihak icon dan tulisan menjadi kelihatan lebih kecil. Namun kita masih bisa mengubah resolusi layar dan ukuran tulisan.

Apa spefisikasi hardwarenya?

Processor
Intel vs. AMD?
Banyak sekali perdebatan mengenai kedua perusahaan ini. Namun sebenarnya kedua perusahaan ini adalah pembuat prosesor terbaik di dunia dan saling berlomba mengembangkan jenis prosesor terbaik. Saat ini prosesor Intel untuk notebook, memiliki teknologi lebih baik untuk menghemat battery. Tapi kebanyakan pengguna tidak akan menemui kesulitan apapun merk prosesornya. Karena tidak ada perbedaan performa yang mencolok antara keduanya. Notebook dengan prosesor AMD biasanya lebih murah harganya.

Teknologi Intel Mobile Processor terkini
• Pentium M (Dothan) – Digunakan pada noteboook yang diproduksi sekitar tahun 2004. Teknologi ini dibuat khusus untuk digunakan di notebook dan beroperasi dengan kebutuhan daya yang lebih kecil dan lebih dingin dibanding pendahulunya.
• Celeron M (Dothan and Yonah) – Prosesor single core (satu inti) yang murah, sesuai untuk menjalankan hampir semua aplikasi dasar, seperti office dan grafis. Tetapi tidak mampu mendukung aplikasi yang berat.
• Core Solo (Yonah) – Prosesor murah yang dibuat dari struktur Core Duo , tetapi hanya memiliki 1 inti CPU aktif. Core Solo menggantikan Pentium M pada tahun 2006.
• Core Duo (Yonah) – Teknologi dual-core (dua inti) pertama dari Intel. Core Duo (32-bit) membuat 2 CPU aktif pada 1 prosesor tanpa meningkatkan konsumsi daya.
• Core 2 Duo (Merom) – Versi 64-bit dari Core Duo, performanya sedikit lebih baik dari Core Duo dan bisa menjalankan Windows Vista dan aplikasi 64-bit lainnya.

Teknologi AMD’s Mobile Processors terkini
• Sempron – Prosesor 1 inti murah yang terdapat pada notebook lama. Sebagai pengganti dari Athlon. Versi terbaru sudah mendukung aplikasi 64-bit.
• Turion 64 – Prosesor 1 inti, 64-bit dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari Sempron
• Turion 64 x2 – Versi Dual Core, 64-bit dari Turion

GPU
Nvidia vs. ATI?
Ini adalah topik perdebatan yang juga populer. Keduanya memproduksi kartu grafis yang bagus. Nvidia lebih baik dalam teknologi OpenGL dan dukungan Linux. Sedangkan ATI mempunyai kemampuan lebih baik di game, anti-aliasing dan anisotropic filtering. Tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya.

Paling penting Anda mengetahui seberapa besar kebutuhan program yang Anda gunakan terhadap kartu grafis. Jika Anda menggunakan aplikasi 3D atau game yang berat, Anda akan memerlukan VGA dedicated dengan performa yang tinggi. Jika tidak, VGA Intel GMA 900/950 yang terintegrasi sudah lebih dari cukup

RAM
Dari semua komponen di notebook, jumlah RAM yang terinstall akan mempunyai efek yang paling kentara. Semakin besar RAM, semakin cepat semua aplikasi akan berjalan. Saat ini, 512MB adalah minimum, dan sangat disarankan Anda memiliki 1GB, terutama jika Anda menjalankan Windows Vista. Jika Anda banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), Anda perlu mempertimbangkan untuk upgrade ke 2GB.
Tidak ada perbedaan mencolok antara 533Mhz dan 667Mhz.
RAM juga merupakan salah satu komponen yang paling mudah di upgrade, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri.

Hard Drive
Berapa banyak kapasitas penyimpanan yang Anda perlukan? Apakah Anda berencana menyimpan banyak sekali file, musik, video atau foto? Jika ya, Anda memerlukan kapasitas Harddisk yang lebih besar. Tapi jika Anda memiliki dana yang terbatas, membeli harddisk external akan lebih murah dan bisa menjadi pilihan.

Optical Drive
Saat ini hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan DVD writer, yang juga bisa berfungsi sebagai CD writer, DVD reader dan CD reader.

Wireless
Saat ini semua laptop juga sudah dilengkapi dengan teknologi wireless. Kebanyakan notebook sudah dilengkapi dengan Intel PROSET 3945 802.11 a/b/g Wireless card.

Battery
Jika Anda berencana sering menggunakan laptop Anda tanpa menancapkan kabel charger ke listrik, Anda memerlukan kapasitas battery yang cukup. Saat ini rata-rata battery notebook mampu bertahan sekitar 2-3 jam.

Bagaimana memilih Garansi?
Beberapa vendor notebook sudah menawarkan perpanjangan masa garansi dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan notebook untuk jangka panjang, tidak ada salahnya mempertimbangkan membeli perpanjangan garansi dengan harga yang berkisar antara 5-10% harga notebook.

Beli sekarang atau tunggu?
Teknologi notebook berubah secara kontinu. Selalu akan ada teknologi yang lebih cepat atau lebih baru. Dan ini tidak bisa dihindari.
Jadi ketika Anda memerlukan notebook saat ini, pastikan bahwa teknologi yang ada cukup mampu untuk memenuhi keperluan Anda. Jika kebutuhan Anda tidak mendesak, Anda bisa menunggu.
Tetapi jika kebutuhan Anda mendesak, tetap ada pilihan untuk tukar tambah dikemudian hari.
Diambil dari forum.anugrahpratama.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons